Monday, December 14, 2015

Mengenal OJS untuk keperluan Publikasi Ilmiah



Bagi seorang yang berkarir dalam bidang akademik(akademisi) suatu electronic journal sudah menjadi hal yang tidak asing, karena untuk urusan publikasi makalah penelitian atau riset menjadi suatu keharusan untuk tahu, mengerti, termasuk dalam hal mengelola secara teknik. OJS menjadi pilihan yang paling tepat bagi institusi seperti, Universitas, Institut, Sekolah Tinggi untuk mempublikasi Jurnal mereka agar dapat terindeks oleh lembaga indeksasi seperti Scopus, Scholar(Google), dan ISI web of Knowledge.

Mengapa harus OJS ?
Di Indonesia sendiri, OJS merupakan Journal System yang paling banyak digunakan, setidaknya tiap perguruan tinggi memiliki ejournal atua journal online yang memakai OJS sebagai sistem mereka. Alasan utama memilih OJS dikarenakan jurnal sistem ini berbasis open source, robust dan dipakai oleh banyak pihak di seluruh dunia, dan disertai dukungan komunitas. OJS juga dinaungi oleh lembaga atau Public Knowledge Project.

"PKP is a multi-university initiative developing (free) open source software and conducting research to improve the quality and reach of scholarly publishing"


OJS merupakan CMS
Tahukah anda bahwa OJS merupakan Content Management System, berbasis PHP dan kombinasi dari beberapa DBMS seprti MySQL dan PostgreSQL. Sampai saat ini sudah mencapai versi 3, alpha dan beta version, dengan stable version pada versi 2.4.x.

Mudahkah ?
Mudah atau tidak untuk mempelajari suatu sistem juga bergantung pada latar belakang keilmuan, bagi orang sosial khususnya penggunaan ejournal mungkin dirasa cukup sulit, karena melibatkan pengetahuan teknis bagaimana cara memakai dan mengelola sesuatu dengan perangkat IT.


Sekian


Bagikan :   |  Facebook|  Twitter|  Google+

0 komentar:

Post a Comment