Monday, April 06, 2015

Migrasi ke FOSS untuk keperluan desain


Sudah lebih dari 2 tahun migrasi ke linux secara bener-bener mulai dari nggak masang app bajakan, dan juga mencoba bermigrasi ke FOSS itu sendiri. Karena sering ngedesain (weleh sok_banget) ini haha, jadi nyobain cari alternatif yang memang basisnya FOSS. Photo Editing, Vector maka penulis pun mulai bermigrasi dari PS -> Gimp , sedangkan CorelDraw,AI -> Inkscape. Memang berat pada awalnya karena mungkin sudah biasa untuk gunain aplikasi berbayar tersebut, tapi kalo juga mau jadi pro gak kebayang harus beli berjuta-juta :D.

Adaptasi perangkat tersebut memang nggak lama alias cepet malahan buanget karena mungkin Inkscape punya UI dan UX yang buat user yang sering make Corel Draw nggak kesulitan buat migrasi. Untuk fitur emang gak sekaya ama yang bayar, tapi coba liat dulu umur software tersebut, GIMP dan Inkscape dibilang masih muda untuk pengalaman dibandingkan besutan "Adobe" maupun "Corel", namun tidak menutup kemungkinan setiap pengembangan nanti akan semakin baik dan semakin baik.
      
Penulis juga menggunakan software tersebut untuk keperluan publishing, komersil, portofolio, crafting dan lain-lain. Inkscape kalo mau dibilang punya kelebihan ya pasti banyak kelebihan, kalo dibilang banyak kekurangan yah juga sama, kelebihan yang pasti dari inkscape adalah modular punya extensions yang bisa di tambah-tambah, apa lagi coba .. direct editing .. Grid sistem yang mudah digunain buat isometric dan kawan-kawan, Path editing yang hampir, sama dan mirip ama Corel dan juga AI, dibalik banyak kelebihan yang gak disebutin kekurangan Inkscape juga banyak antara lain, Antarmuka yang kurang Eyecathing, Palette color yang jelek :( ( ini yang jadi masalah utama ) dari yang suka ngedesain. Selama penulis buat sesuatu AI merupakan contoh software yang emang jago palette nya dewa sama kayak PS. Namun lagi-lagi semua dapat dibantahkan dengan perbandingan usia pengembangan software tersebut. Yang pasti user requirement dari perangakt lunak berbayar emang bagus. Karen FOSS dibangun dari komunitas, yang pasti nggak tiap orang nya ketemu langsung. Gimana dengan GIMP ? Ini pertanyaan sulit bagi penulis kalo dijawab secara pro ? Kenapa karena penulis gunain GIMP hanya untuk kepentingan tertentu dan nggak mendalam ke seluk beluk, yang penulis lakuin antara lain Mockup image, Photo Editing Dasar & Advance nggak sampe ke digital art nya lah, jadi gak tau bener-bener ama GIMP kalo soal performa, dari luar dalem udah nggak jauh beda dengan PS. Sekian dulu reviewnya mengenai migrasi ke FOSS untuk keperluan desain.
Bagikan :   |  Facebook|  Twitter|  Google+

0 komentar:

Post a Comment