Wednesday, April 27, 2016

FItur Port Mirrroring TP-LINK Easy Smart Switch TL-SG108E




Kebutuhan manage switch pada dasarnya banyak digunakan untuk keperluan manejemen insfrastruktur IT bagi perusahaan, instansi pemerintah, institusi swasta hingga sekolah untuk keperluan manajemen bandwith(QOS), VLAN, Trunking, troubelshooting(port mirroring). Dengan harga yang terbilang non-affordable untuk keperluan pribadi, maka terdapat alternatif untuk kita yang tidak mampu membeli perangkat manage switch dari beberapa vendor terkenal seperti Cisco(catalyst), hp(3com), Arista, Allied Telesync, Avaya, Brocade, Netgear, Fortinet(fortiswitch), Dell Switch, dan beberapa vendor dengan codename product nya masing-masing.

Salah satu alternatif yang dapat kita manfaatkan, dan affordable untuk keperluan riset khususnya bagi mahasiswa yang sedang menjalankan tugas akhir mengenai network dan information security untuk keperluan monitoring dapat menggunakan product dari TP-LINK easy smart switch TL-SG108E. Produk ini terbilang sangat baik dan mudah bagi pengguna awam. Beberapa fitur yang tersedia antara lain :

Switching : IGMP Snooping, Port Trunking
Monitoring : Port Mirror, Cable Test, Loop Prevention
VLAN : MTU VLAN, Port based VLAN, 802.1Q VLAN, 802.1Q PVID
QOS : QOS Basic, Bandwith Control, Storm Control,

Penulis sendiri menggunakan perangkat ini untuk keperluan riset, untuk skala penelitian (topologi) yang tidak terlalu kompleks sangat disarankan. Untuk pengkonfgurasiannya pun terbilang sangat mudah, karena disediakan driver (interfacing) berbasis GUI untuk mengelola fitur-fitur yang terdapat pada tp-link smart switch.

Berikut dapat dilihat setting konfigurasi port mirroring pada TP-LINK easy smart switch :







Bagikan :   |  Facebook|  Twitter|  Google+

0 komentar:

Post a Comment