Sunday, February 01, 2015

Scripting language pada sistem operasi Linux dan Windows

Web developer, sysadmin, network engineer sebagaimana mereka menyebutnya, script programming pada dasarnya  berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang dikenal oleh banyak orang, pemrograman script yang pasti juga berbeda dalam proses eksekusi programmnya dan karena itu bahasanya pun berbeda dengan bahasa pemrograman umum yang menggunakan compiler.
Beberapa sumber mendefinisikan hal ini sebagai berikut :

" A scripting language or script language is a programming language that supports scripts, programs written for a special run-time environment that can interpret (rather than compile) and automate the execution of tasks that could alternatively be executed one-by-one by a human operator. Environments that can be automated through scripting include software applications, web pages within a web browser, the shells of operating systems (OS), and embedded systems "

Perbedaan yang pertama yang terlihat antara lain, jika bahasa pemrograman seperti java, c, c++ yang menggunakan compiler, linker untuk mengeksekusi program, sedangkan secara umum scripting language tidak berjalan demikian, program dapat dijalankan cukup dengan melalui konsol dan juga API/engine dari scripting language itu telah terpasang dalam sistem operasi. Untuk orang-orang yang bergerak dibidang networking, seperti sysadmin tentunya, yang biasanya sangat familiar dengan scripting. Sysadmin menggunakan script untuk membantunya menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan efektif. Seperti BASH (Bourne again Shell) shell script yang default terdapat pada sistem operasi linux, teknik scripting ini biasa disebut sebagai shell scripting.

Selanjutnya dalam memprogram dengan menggunakan scripting language lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman umum, karena scripting language menerapkan interpreter dalam mengeksekusi program. 

Beberapa scripting language yang telah dikenal banyak orang antara lain adalah Erlang, Unix shell script(bash, ksh, csh), Perl, Lua, Python, PHP,  jscript, javascript, vbscript, windows poweshell. Setelah kita mengetahui beberapa poin antara sejarah umum bahasa scripting kita kategorikan dari yang paling tua hingga keterbaruan.

1. Erlang (1986)
2. Shell Script ()
3. Perl (1987)
4. Tcl (1988)
5. Python (1991)
6. Ruby (1995)
7. PHP (1995)
8. Javascript (1995)
9. Powershell (2006)

Diantara beberapa bahasa berikut yang kurang familiar mungkin adalah Erlang, Tcl, Powershell. Penulis akan menjelaskan secara singkat perbedaan dan sejarah untuk tiap bahasa yang kita anggap kurang familiar berikut . .

Erlang, bisa dikatakan Erlang merupakan predecessor dari setiap bahasa scripting yang kita kenal sekarang, karena ia telah ada sejak awal berkisar pada tahun 1986 dan juga telah berumur  kurang dari 30 tahun (waw).
Tcl, pronounce Tickle juga merupakan bahasa scripting yang telah ada dan merupakan scripting language yg juga dikembangkan di Barkeley University
Poweshell, Untuk bahasa script berikut ini diterapkan di platform Windows Server dan yang pasti tidak bersifat opensource namun proprietary. 


Bagikan :   |  Facebook|  Twitter|  Google+

0 komentar:

Post a Comment